ekinovta Seorang blogger pemula yang selalu belajar dan mencoba hal baru. Sangat suka membaca, menulis dan sharing informasi bermanfaat.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil yang Perlu Kamu Ketahui

1 min read

ekinovta Seorang blogger pemula yang selalu belajar dan mencoba hal baru. Sangat suka membaca, menulis dan sharing informasi bermanfaat.
pengertian monokotil dan dikotil

Manusia hidup tidak sendirian, namun kita dikelilingi berbagai makhluk hidup termasuk tumbuhan.

Tumbuhan menjadi salah satu hal yang memberikan oksigen di dunia ini. Kamu tahu tidak bahwa hutan Indonesia ini ternyata menjadi paru paru dunia yang sangat penting bagi dunia.

Tidak hanya manusia yang memiliki suku dan bangsa, ternyata tumbuhan juga diklasifikasikan dalam berbagai kelompok.

Apakah kamu sebelumnya sudah pernah mendengar istilah monokotil dan dikotil? Berdasarkan jumlah keping bijinya, tumbuhan dibagi menjadi dua jenis yakni monokotil serta dikotil.

perbedaan monokotil dan dikotil brainly beserta contohnya

Secara umum, monokotil berasal dari kata mono (artinya satu)  adalah tumbuhan yang memiliki jumlah keping biji hanya satu.

Sedangkan dikotil (di artinya dua) adalah tumbuhan yang memiliki jumlah keping biji dua.

Perbedaan Monokotil dan Dikotil

Ternyata, perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil tidak hanya tentang jumlah keping bijinya.

Terdapat perbedaan lainnya yang bisa diamati. Berikut ini ialah perbedaaan antara monokotil dan dikotil dalam tabel berikut:

ciri ciri tumbuhan monokotil

1) Perbedaan Biji

contoh monokotil dan dikotil

Seperti telah dijelasakan sebelumnya, perbedaan utama dari tumbuhan monokotil dan dikotil ialah jumlah keping biji.

Tumbuhan monokotil tidak akan mengalami pembelahan saat berkecambah. Contoh dari tumbuhan monokotil ialah jagung, padi, anggrek serta kelapa.

Sedangkan dikotil, akan melakukan pembelahan saat berkecambang. Contoh tumbuhan dikotil ialah karet, kakao, bunga matahari serta kacang kacangan,

2) Perbedaan Akar

perbedaan monokotil dan dikotil pada akar

Selanjutnya perbedaan antara monokotil dan dikotil dapat dilihat dari akarnya. Tumbuhan monokotil memiliki akar serabut yang tipis serta kecil.

Sedangkan tumbuhan dikotil memiliki akar tunggal yang kuat serta dapat menembus tanah. Selain jenis dan bentuk akar, perbedaan antara dikotil dan monokotil ialah ada atau tidaknya tudung akar.

Tumbuhan monokotil pada umumnya memiliki tudung akar, sedangkan tumbuhan dikotil tidak memiliki tudung akar.

3) Batang

perbedaan monokotil dan dikotil pada batang

Bagian tumbuhan lain yang bisa dibedakan ialah batang. Pada umumnya, batang tumbul dikoti pohonnya bercabang serta memiliki cambium.

Kambium ini terdapat dijaringan xylem dan floem. Sementara pada tumbuhan monokotil, batang tidak memiliki cabang dan akan terus tumbuh meninggi serta tidak memilki kambium.

Jika kamu ingin mengetahui apakah tumbuhan memiliki cambium, kamu bisa menyayat kulit batang pada tumbuhan.

4) Daun

Perbedaan selanjutnya untuk mengetahui apakah tumbuhan merupakan tumbuhan monokotil dan dikotil ialah dengan melihat daun.

Daun tumbuhan monokotil berbentuk panjang dan seperi pita sedangkan daun dikotil memiliki bentuk yang melebar dan memiliki tulang daun menjari serta menyirip.

5) Bunga

gambar dikotil

Setiap tumbuhan memiliki bunga, namun bentuk dari bunga bunga tersebut tidaklah sama. Pada bunga monokotil, mereka memiliki kelopak berjumlah 3 ataupun kelipatannya.

Sedangkan bunga pada tumbuhan dikotil memiliki jumlah kelompak yakni 2,4, atau 5 beserta kelipatannya.

6) Berkas Pengangkut

Perbedaan lainnya yang bisa kamu perhatikan antara tumbuhan monokotil dan dikotil ialah berkas pengangkut.

Pada tumbuhan monokotil, biasanya berkas pengangkut ini tidak terletak pada satu tempat melainkan menebar baik pada pembulut tapis serta pembuluh kayu. Sedangkan pada tumbuhan dikotil,  berkas pengangkut ini biasanya menyebar secara teratur.

7) Perbedaan Klasifikasi

Kamu pasti sudah mengetahui bahwa tumbuhan juga memiliki klasifikasi tersendiri dalam kelompoknya.

Tumbuhan monokotil dikelompokkan dalam beberapa suku tumbuhan seperti Graminae, Musacea Zingiberacea serta Palmae. Sedangkan tumbuhan dikotil dikelompokan dalam 5 suku yakni Myrtaceae, Euphorbiaceae, Leguminoceae, Compositae serta Solonaceae.

Rangkuman:

tabel menjelaskan tentang tumbuhan dikotil dan monokotil

Bagaimana, sekarang kamu sudah mengetahui dengan jelas bukan apa saja perbedan dari tumbuhan monokotil dan dikotil?

Dengan perbedaan morfologi baik yang terlihat dan tidak terlihat, sekarang kamu sudah tidak bingung membedakan dikotil dan monokotil.

Posting Awal TanggalMay 26, 2020 @ 12:04 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *