ekinovta Seorang blogger pemula yang selalu belajar dan mencoba hal baru. Sangat suka membaca, menulis dan sharing informasi bermanfaat.

Apa itu mawas diri, hikmah dan cara meningkatkan mawas diri

1 min read

hikmah mawas diri
ekinovta Seorang blogger pemula yang selalu belajar dan mencoba hal baru. Sangat suka membaca, menulis dan sharing informasi bermanfaat.

Apa itu mawas diri, hikmah mawas diri, contoh sikap dan cara meningkatkan mawas diri? Jika kalian ingin tahu lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini :

cara meningkatkan mawas diri

Pengertian Mawas diri

Mawas diri merupakan sebuah bentuk tindakan maupun ucapan yang di dasarkan dengan kehati-hatian dalam berkomunikasi atau bersosialisasi dengan sesama manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga tidak menyebabkan akibat yang buruk seperti menyinggung perasaaan orang lain, berkata buruk maupun hal-hal lain di luar batas yang akan berdampak penyesalan pada diri kita.

Karena telah melakukan tindakan, ucapan maupun hal buruk tersebut kepada orang lain.

Maka dari itu, mengontrol diri menjadi hal yang sangat penting terutama dalam mengontrol emosi salah satu cara mengontrol diri yang efektif adalah dengan mawas diri.

mawas diri dan pengembangan diri

Hikmah mawas diri

Dengan memiliki sifat mawas diri maka banyak keuntungan yang akan anda peroleh terutama ketika anda bersosialisasi dengan orang lain.

Diantaranya dengan mawas diri maka anda akan lebih terkontrol dalam hal ucapan maupun tindakan terhadap orang lain.

Sehingga tidak melakukan hal buruk yang dapat menyakiti perasaan orang lain dan membuat anda menyesalinya.

Kemudian sikap mawas diri juga menjadikan kita lebih bijaksana dan lebih dewasa sehingga kita akan berpikir ulang sebelum berbicara atau bertindak.

Dengan  begitu kita akan lebih berhati-hati dalam bertindak maupun bertutur kata yang tidak baik.

Contoh sikap mawas diri

mawas diri dalam islam
  1. Sopan santun dan ramah terhadap orang tua dan orang-orang yang lebih tua di sekitar kita dan menjaga sikap
  2. Menghormati dan menghargai semua orang tanpa memandang bulu dan tidak meremehkan siapapun
  3. Berhati-hati dalam bertutur kata, tindakan, ucapan dan hal lainnya yang berpotensi memicu perselisihan atau memicu orang lain menjadi tersinggung atau sakit hati karena perbuatan kita
  4. Tidak gegabah dalam mengambil keputusan apalagi keputusan kelompok misal dalam suatu tim maka harus di diskusikan bersama terlebih dahulu dan menampung masukan-masukan dari anggota untuk kemudian di cari jalan tengahnya sehingga tidak terjadi perselisihan nantinya ketika sudah di putuskan karena semua sudah dirundingkan dan di putuskan secara bersama-sama.
  5. Selalu memngingat tuhan karena dengan mawas diri maka anda akan secara otomatis melakukan hal-hal baik terutama dalam bersosialisasi atau berhubungan sesama manusia sesuai yang di perintahkan oleh tuhan.

Cara meningkatkan mawas diri

contoh sikap mawas diri dalam islam
sumber gambar: @rahasanica

Sikap mawas diri perlu di tingkatkan secara terus menerus agar hubungan sosial kita dengan orang lain tetap terjaga dan selalu rukun dalam hidup bersosialisasi antar manusia.

Untuk itu berikut beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan sikap mawas diri dalam diri kita :

Pahami kelemahan pribadi

Seperti kita tahu, mawas diri berawal dari sikap rendah hati yang mana kita sebagai manusia masih memiliki banyak kekurangan dan tidak luput dari kesalahan.

Sehingga dengan rendah hati ini maka kita akan lebih berhati-hati karena kita paham betul kekurangan yang ada pada diri kita. Berbeda dengan orang yang sombong dan tinggi hati.

Mereka tidak akan pernah bisa instropeksi diri dan mawas diri karena mereka selalu merasa paling pintar dan paling benar serta selalu merasa di atas dibanding yang lainnya.

Baca Juga:

Instropeksi diri

Dengan memiliki sikap mawas diri maka kita akan lebih banyak lagi dalam menginstropeksi diri dan mengenali diri sendiri sehingga akan berubah ke arah yang lebih baik

Demikanlah ulasan tentang mawas diri dalam kehidupan sehari-hari yang perlu kita lakukan agar hidup kita dalam bersosialisasi selalu rukun dengan sesama.

Posting Awal TanggalJuni 29, 2020 @ 5:33 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *