ekinovta Seorang blogger pemula yang selalu belajar dan mencoba hal baru. Sangat suka membaca, menulis dan sharing informasi bermanfaat.

Cara Perpanjang Paspor Online dengan Praktis

2 min read

ekinovta Seorang blogger pemula yang selalu belajar dan mencoba hal baru. Sangat suka membaca, menulis dan sharing informasi bermanfaat.
cara membuat paspor online

Pembuatan paspor sebagai buku identitas internasional yang bisa digunakan untuk bepergian ke luar negeri kini semakin mudah dan murah.

Kondisi mudah didapat dari tata laksananya yang tidak harus memaksa orang untuk datang langsung ke Kantor Imigrasi dan melakukan pembuatan dan perpanjangan paspor.

Efek sampingnya, tindakan ini membuat orang tidak harus membuang uang untuk biaya bahan bakar kendaraan.

Anda membutuhkan paspor? Atau perpanjang paspor? Anda tidak bisa melakukannya karena jadwal aktivitas yang padat tapi juga tidak ingin menggunakan jasa pihak perantara untuk mengurus pembuatan dan perpanjangan paspor?

Maka Anda bisa melakukannya sendiri, dari mana saja, secara real time, menggunakan cara online atau perpanjangan paspor berbasis internet.

Sayangnya, tidak semua tahu prosedur pembuatan dan perpanjangan paspor secara online.

perpanjang paspor yang belum habis

Cara Perpanjang Paspor Online

Maka dari itu, kali ini akan dijabarkan langkah-langkah perpanjangan paspor secara online dengan kalimat yang mudah dipahami. Selamat menyimak.

  1. Persiapkan semua dokumen yang berkaitan dengan pengajuan dan perpanjangan paspor. Pastikan semua dokumen tersebut ada dalam bentuk hardfile dan softfile. Daftar semua dokumen persyaratan sehingga Anda tidak mengalami kendala selama proses perpanjangan paspor secara online.
  2. Buka situs resmi kantor imigrasi di alamat situs www.imigrasi.go.id. Sebagai tips, jangan akses situs ketika jam sibuk seperti jam aktif kerja. Alternatif yang kami sarankan adalah mengakses situs pada jam yang lebih renggang seperti sebelum pukul 07.00 pagi atau setelah pukul 18.00 sore. Traffic tinggi pada jam sibuk akan memperlambat proses online Anda.
imigrasi online
  1. Pilih kantor imigrasi terdekat dengan domisili Anda saat ini untuk keperluan melakukan wawancara dan foto. Pilih waktu yang paling Anda bisa (dan tentunya tepati waktu tersebut agar proses perpanjangan paspor Anda tidak tersendat). Jika sudah selesai memilih, klik tombol Pra Permohonan Personal.
  2. Isi data-data di form online yang sudah disediakan secara lengkap. Pastikan Anda mengisi data-data tersebut sesuai dengan data e-KTP. Jika ada perubahan, maka Anda harus melakukan perubahan e-KTP lebih dulu. Data pada paspor harus sama persis dengan data yang ada di e-KTP.
syarat pembuatan paspor/ persyaratan pembuatan paspor
  1. Selesai pengajuan via internet, Anda tetap wajib berangkat ke kantor imigrasi untuk keperluan wawancara dan foto paspor lagi. Pastikan dokumen Anda sudah lengkap sebelum berangkat ke kantor imigrasi. Catatan: jangan hanya membawa dokumen hardfile versi asli. Sertakan juga versi fotokopian dari setiap dokumen hardfile dan masing-masing dokumen tersebut memiliki 2 rangkap versi fotokopian.
  2. Dikarenakan urutan di kantor imigrasi tidak bisa dipesan secara online, usahakan untuk datang sepagi mungkin sehingga Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menyelesaikan urusan perpanjangan paspor ini.
  3. Catatan: selalu gunakan pakaian formal ketika mengurus dokumen negara apalagi sampai ada keperluan foto. Background foto biasanya menggunakan warna putih, sehingga usahakan untuk tidak memilih baju berwarna putih ketika mengurus perpanjangan paspor ini.
  4. Bayar biaya administrasi. Setelah membayar, biasanya Anda akan diberi tahu kapan paspor Anda selesai cetak. Ada beberapa kebijakan berbeda di kantor imigrasi yang berbeda kota. Beberapa kantor imigrasi bersedia mencetak paspor dengan rentang waktu 3 jam setelah pembayaran dilunasi. Namun, sebagian kantor imigrasi lainnya akan meminta Anda menunggu selama 3 hingga 7 hari untuk proses pencetakan paspor.
  5. Urusan Anda untuk pengajuan paspor atau perpanjangan paspor online sudah selesai dan tinggal menunggu paspor selesai cetak saja.

Baca Juga:

Aplikasi Layanan Paspor Online

Kini untuk layanan paspor online pun dapat dilakukan melalui hp android. Anda cukup download aplikasi layanan paspor online dari playstore. Untuk cara menggunakannya dapat melihat gambar berikut:

layanan paspor online

Sebenarnya, pengurusan perpanjangan paspor secara online tidak memiliki perbedaan jauh dengan permohonan pembuatan paspor baru.

Hanya saja untuk memperpanjang paspor atau jika sudah pernah membuat paspor sebelumnya, maka paspor lama wajib dibawa untuk kepentingan pencatatan dan administrasi.

Jangan sampai lupa, ya, karena pihak kantor imigrasi akan lama melakukan penelusuran jika Anda sendiri lupa sudah pernah buat paspor atau belum.

Meski terbilang cukup mudah melakukan pengajuan via internet, akan tetapi pengajuan dan perpanjangan paspor online ini memiliki kelemahan yang mungkin akan membuat beberapa orang gemas.

Pertama, Anda tidak bisa menggunakannya ketika situs imigrasi untuk urusan paspor sedang maintenance.

Artinya Anda harus tetap mengurusnya secara manual jika perpanjangan paspor tersebut harus segera dilakukan.

Kedua, kejadian maintenance ini biasanya memakan waktu agak lama, sehingga ini bukan alternatif yang baik ketika Anda terbilang buru-buru dalam pengurusan.

Maka dari itu, sedini mungkin Anda mengetahui bahwa Anda memerlukan perpanjangan, segera lakukan dan jangan ditunda-tunda lagi.

Nah, itu tadi beberapa langkah pengajuan dan perpanjangan paspor secara online yang bisa kami jabarkan dalam kalimat sederhana. Apakah masih ada yang membingungkan? Semoga tidak, ya.

Sekarang, jika Anda sudah menyiapkan semua dokumen sesuai dengan tips yang kami sebutkan, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama lagi untuk mengurusnya via online. Selamat mencoba!

Posting Awal TanggalJune 15, 2020 @ 12:08 am

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *