Cara memperbaiki “Ada masalah komunikasi dengan server Google”

Menghubungkan akun Google Anda di Android adalah cara terbaik agar Anda bisa mendapatkan notifikasi penting dari email dan aplikasi terkait lainnya.

Namun, pengguna biasa biasanya menemukan pesan “Ada masalah komunikasi dengan server Google” ketika mencoba menambahkan akun Google ke ponsel mereka.

Secara default, beberapa pengguna melihat pesan kesalahan ini setiap kali mereka ingin menambahkan akun dari pengaturan ponsel mereka. Sementara itu, pengguna lain melaporkan menerima pesan ini setelah memasukkan semua detail akun Google mereka.

Tidak Dapat Login ada Masalah Saat Berkomunikasi Dengan Server Google

Cara memperbaiki “Ada masalah komunikasi dengan server Google”

Anda dapat melihat alasan lainnya di bawah ini. Berikut adalah penyebab kesalahan “Ada masalah komunikasi dengan server Google”:

  • Otentikasi dua faktor – Otentikasi dua faktor adalah salah satu fitur yang mencegah pengguna lain masuk ke akun Anda. Fitur ini akan menghentikan proses login perangkat yang tidak dikenal dan kemudian meminta proses otentikasi kedua untuk akun tersebut. Dengan fitur ini, tidak jarang terjadi masalah saat membuat koneksi menggunakan akun Anda. Hal ini juga biasa terjadi, terutama ketika Anda ingin menambahkan akun ke aplikasi lain, seperti Outlook. Solusinya adalah Anda bisa menonaktifkan verifikasi dua langkah.
  • Cache Bermasalah – Cache disimpan di perangkat Anda untuk membuat aplikasi berjalan lebih cepat. Namun, file cache ini bisa rusak sehingga menyebabkan kesalahan aplikasi. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghapus cache pada aplikasi.
  • Kesalahan file host – File host berada di sistem dan berisi beberapa informasi tentang konfigurasi ponsel. File host juga menjadi salah satu penyebab kesalahan saat menambahkan akun Google. Anda cukup mengubah konten file Host Anda dan kemungkinan besar masalahnya akan teratasi.

Atasi kesalahan “Ada masalah komunikasi dengan server Google”.

Ada masalah komunikasi dengan server Google

Nyalakan ulang ponsel Anda

Memulai ulang ponsel Anda adalah langkah pertama yang terbaik. Memulai ulang ponsel Anda telah terbukti menyelesaikan berbagai masalah, sehingga banyak orang menyarankan untuk memulai ulang ponsel Anda sebelum mengambil tindakan lain.

Ketika ponsel Anda berhasil dihidupkan ulang, coba tambahkan akun Google untuk melihat apakah masalahnya telah teratasi. Jika belum, coba cara selanjutnya di bawah ini.

Hapus akun Google yang terdaftar

Anda dapat mencoba menghapus semua akun Google yang terpasang di ponsel Anda dan kemudian menambahkannya lagi. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini: Buka Pengaturan/Pengaturan.

  • Pilih Akun Google.
  • Klik pada tiga titik di sudut kanan atas.
  • Pilih Hapus Akun untuk menghapus akun yang dipilih.

CATATAN: Biasanya caranya sedikit berbeda untuk setiap vendor dan versi Android, namun langkahnya tidak jauh berbeda dengan yang di atas.

Matikan otentikasi dua faktor

Seperti yang disebutkan sebelumnya, otentikasi dua langkah/faktor ini dapat menyebabkan kesalahan saat Anda ingin menghubungkan akun Google Anda. Dalam hal ini, Anda perlu menonaktifkannya terlebih dahulu, yang dapat diakses di pengaturan akun Google Anda.

1) Silakan buka browser Anda → klik profil Akun Google Anda → Kelola Akun Google.

2) Selanjutnya, pilih “Keamanan” di menu sebelah kiri.

3) Setelah itu pada bagian verifikasi dua langkah, Anda harus login terlebih dahulu lalu pilih Disable.

4) Pada bagian verifikasi dua langkah, Anda harus login terlebih dahulu lalu pilih Nonaktifkan.

5) Sekarang Anda perlu menghapus cache di aplikasi Manajer Akun Google dan Anda dapat mengikuti langkah berikutnya di bawah.

Hapus cache di aplikasi Manajer Akun Google

Setelah menonaktifkan verifikasi dua langkah, Anda juga harus menghapus cache akun Anda sehingga tidak ada pengaturan yang disimpan di ponsel Anda. Buka Pengaturan/Pengaturan di ponsel Anda.

  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu Aplikasi.
  • Lalu, carilah aplikasi bernama Google Account Manager. Catatan: Pada beberapa ponsel, Pengelola Akun Google biasanya ada di tab Aplikasi yang Berjalan, jadi Anda harus berpindah dari tab Aplikasi yang Terinstal ke Aplikasi yang Berjalan. Jika masih belum ada, Anda cukup menghapus cache aplikasi Google lainnya, misalnya Layanan Google Play. Disarankan untuk menghapus seluruh data yang ada namun melakukan proses backup terlebih dahulu.Di aplikasi Google, klik Hapus Cache dan Hapus Data.
  • Buka Pengaturan/Pengaturan di ponsel Anda. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu Aplikasi. Lalu, carilah aplikasi bernama Google Account Manager.
  • Lakukan hal yang sama untuk Google Play Store, Layanan Google Play, dan Kerangka Layanan Google. Untuk Google Services Framework, tidak semua ponsel Android memilikinya.

Instal ulang Layanan Google Play

Layanan Google Play terkadang rusak sehingga menyebabkan pesan kesalahan saat berkomunikasi dengan server Google.

1) Buka Pengaturan Telepon → Keamanan → Aktifkan Sumber Tidak Dikenal.

2) Buka website apkpure.com/apkmirror.com dan cari aplikasi layanan Google Play.

3) Download aplikasi yang sesuai dengan versi Android yang Anda gunakan. Biasanya menyatakan versi Android mana yang didukung oleh aplikasi yang diunduh.

4) Setelah berhasil mengunduh file, instal layanan Google Play di ponsel Anda dan daftarkan ulang akun Google di ponsel Anda.

Baca Juga:

Cara mengembalikan kontak hp yang hilang

Perbarui file Host (hanya berlaku untuk ponsel yang di-Root)

Pastikan Anda hanya menggunakan cara ini pada ponsel yang sudah di-root dan jika Anda tidak yakin, lewati cara ini karena bisa berakibat fatal bagi ponsel Anda. Pastikan ponsel Anda mendukung pemasangan aplikasi dari sumber tidak dikenal. Silakan lihat kembali langkah pertama pada cara kelima di atas.

  • Kunjungi website apkpure.com dan install aplikasi bernama ES File Explorer.
  • Unduh Peramban File ES untuk Android
  • Unduh dan instal aplikasi di ponsel Anda.
  • Buka aplikasi ES File Explorer.
  • Klik pada tiga garis di sudut kiri atas.
  • Pilih Alat → Aktifkan Root Explorer.
  • Selanjutnya silahkan pilih Lokal → Perangkat → Pilih Folder Sistem → dll.
  • Biasanya ada file bernama host di folder dll. Gunakan ES Note Editor untuk membuka file host.
  • Hapus semua isi file host dan ketik 127.0.0.1 localhost.
  • Kembali ke halaman sebelumnya, akan muncul pesan tentang menyimpan file, silahkan pilih “Yes”.
  • Terakhir, tambahkan kembali akun Google Anda dan masalahnya akan berhasil diselesaikan.

Inilah cara memperbaiki “Ada masalah komunikasi dengan server Google” saat menambahkan akun Google di ponsel pintar Android Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengatasi masalah Anda tentang otentikasi akun Google. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar