ekinovta Seorang blogger pemula yang selalu belajar dan mencoba hal baru. Sangat suka membaca, menulis dan sharing informasi bermanfaat.

Cara Mudah Membuat Paspor Online

2 min read

cara membuat paspor online
ekinovta Seorang blogger pemula yang selalu belajar dan mencoba hal baru. Sangat suka membaca, menulis dan sharing informasi bermanfaat.
daftar paspor online 2019

Kepraktisan adalah hal yang disukai masyarakat modern. Hal ini dikarenakan budaya kita yang semakin menghargai waktu sehingga menyukai segala hal yang bisa dikerjakan dan diselesaikan secara ringkas.

Apapun yang efektif dan efisien adalah kunci sekaligus nilai jual yang menjadi ciri kehidupan modern.

Hal ini juga berlaku pada proses pembuatan paspor. Paspor sebagai buku identitas seseorang ketika berada di luar negara asal merupakan dokumen negara yang cukup penting.

Selama ini, pembuatan dan pengurusan paspor memerlukan biaya yang besar, bukan karena biaya administrasinya tetapi karena harus mengunjungi kantor imigrasi yang mungkin letaknya jauh dari tempat tinggal.

Itu pun bukan sebuah proses yang sekali jadi. Akan tetapi, kini kita bisa menikmati sebuah terobosan yaitu pembuatan paspor secara online.

antrian paspor online

Langkah-langkah Membuat Paspor Online

Pembuatan paspor secara online tentu lebih efisien karena bisa dilakukan dari mana saja dengan file yang dibutuhkan bukan lagi hard copy tetapi berupa softcopy.

Jika Anda sedang mengajukan permohonan pembuatan paspor, Anda bisa melakukannya secara online. Panduan untuk membuat paspor online akan kami jabarkan secara ringkas berikut ini.

cara membuat paspor online 2019
  1. Sebelum mulai mendaftar, pastikan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sudah Anda miliki dalam bentuk softcopy. Untuk memiliki dokumen hardcopy menjadi softcopy, Anda bisa melakukan scanning. Beberapa dokumen penting tersebut adalah: e-KTP, kartu keluarga (C1), dan ijazah / akta kelahiran / surat nikah. Catatan: semua file yang disebutkan harus dalam warna grayscale, bukan berwarna.
  2. Buka situs Ditjen Imigrasi Indonesia yang beralamat di www.imigrasi.go.id lalu klik ke pilihan Layanan Publik. Setelah itu Anda akan menemukan beberapa menu dan pilih menu Layanan Online lantas Layanan Paspor Online.
  3. Setelah memilih layanan paspor online, Anda akan melihat pilihan Pra Permohonan Personal. Tunggu hingga halaman formulir terbuka.
syarat pembuatan paspor 2019
  1. Pada halaman ini, Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan yang memuat beberapa jenis paspor. Untuk keperluan perjalanan regular, silakan pilih menu Paspor Biasa. Paspor biasa dengan 48 halaman adalah paspor regular untuk berkunjung atau rekreasi, sedangkan paspor dengan 24 halaman adalah paspor khusus untuk TKI.
  2. Setelah memilih jenis paspor biasa, Anda akan melihat tampilan formulir yang berisikan Informasi Pemohon. Silakan lengkapi formulir tersebut sesuai dengan data e-KTP yang Anda gunakan saat melakukan pengajuan. Catatan: isi formulir paspor harus sama dengan e-KTP. Jika terdapat perubahan, mohon untuk mengurus perubahan dari e-KTP lebih dulu. Jika Anda sudah selesai mengisi formulir, klik Lanjut.
lama dan biaya pembuatan paspor
  1. Kemudian, Anda akan melihat tampilan pemilihan lokasi kantor imigrasi tempat Anda akan mencetak paspor tersebut. Anda bisa memilih kantor imigrasi yang paling dekat dengan domisili, tidak harus sesuai dengan alamat pada e-KTP. Inilah keunggulan dari pengajuan paspor online, Anda tidak diharuskan mencetak paspor pada kantor imigrasi yang satu wilayah dengan alamat pada e-KTP.Setelah selesai memilih kantor imigrasi, silakan klik Lanjut.
  2. Halaman selanjutnya yang akan muncul adalah Halaman Verifikasiyang berisi ketikan angka dan huruf pada kode verifikasi. Lalu, klik OK.
  3. Ketika Anda sudah selesai melakukan verifikasi, Anda akan melihat tampilan Bukti Permohonan yang harus Anda cetak untuk dibawa saat melakukan wawancara di kantor imigrasi yang sudah Anda pilih tadi. Bukti verifikasi ini berisi data tanggal untuk wawancara, pembayaran, dan melakukan sesi foto di kantor imigrasi yang sudah Anda pilih.
  4. Proses setelah wawancara selesai adalah pembayaran paspor yang disesuaikan dengan jenis paspor yang Anda buat. Untuk paspor biasa 48 halaman, biaya pembuatannya sekitar Rp 300.000 saja. Dari selesainya pembayaran hingga paspor selesai dicetak memakan waktu sekitar 3 hingga 7 hari.
  5. Anda bisa mengambil paspor Anda ketika paspor Anda sudah dijadwalkan selesai cetak.

Baca Juga:

Dari sekian langkah pembuatan paspor online, fase wawancara adalah yang paling krusial. Maka dari itu kami menyarankan beberapa hal yang membuat Anda cepat melewati fase ini tanpa masalah.

Saran pertama adalah menyiapkan berkas-berkas yang diunggah dalam bentuk hardcopy, baik asli maupun versi fotokopi (sebanyak 2 lembar).

Lalu, usahakan datang tepat waktu sebelum wawancara dan pastikan Anda menggunakan pakaian formal (seperti kemeja) untuk kebutuhan foto paspor resmi.

Terakhir, jangan lupa membawa uang pas untuk membayar paspor yang Anda ajukan.

Secara garis besar, memang pembuatan paspor secara online ini tidak banyak berbeda dengan pengajuan pembuatan paspor secara regular.

Hanya saja, pembuatan paspor online menjadi efisien ketika bisa dilakukan dari mana saja dan Anda memiliki kebebasan untuk memilih kantor imigrasi saat akan melakukan wawancara, membayar, dan mencetak paspor tersebut.

Hal ini mungkin akan sangat dirasakan oleh para perantau antar kota yang mungkin di kota asalnya tidak terdapat kantor imigrasi.

Semoga, artikel ini bisa membantu Anda yang sedang dalam proses untuk mengajukan paspor baru secara online.

Posting Awal TanggalDesember 6, 2019 @ 10:51 pm

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *